Alasan di Balik Pembuatan The Story Begins in Holland

Juli 06, 2023

 

Hallo semuanya, terimakasih sudah mengunjungi blog ini ya 😄 blog ini aku buat untuk membantu teman-teman scholarship hunter mempersiapkan diri agar bisa kuliah di luar negeri dengan lancar. Bukan sebatas lancar secara akademik, tapi sejahtera secara finansial dan mental juga. 

Kalau biasanya teman-teman hanya mendapat tips-tips seputar persiapan berkas, bahasa dan akademik dari blog, TikTok, atau instagram orang lain, di blog ini aku akan membahas serba-serbi persiapan beasiswa luar negeri secara lebih menyeluruh. 

Mulai dari perispan-persiapan dasar sebelum mendaftar, memilih beasiswa yang sesuai, tips-tips menjaga kesejahteraan dan kewarasan di luar negeri, cara menghadapi force majeur di luar negeri, sampai panduan karir dan mental health sebelum memutuskan kembali pulang ke Indonesia lho 😄 

Aku berharap, blog ini bisa membantu teman-teman untuk melihat perspektif kuliah di luar negeri secara lebih realistis, tanpa sugarcoating apapun yang akhirnya membuat teman-teman hanya melihat hal-hal yang indah saja dari seni melanjutkan  studi di luar negeri. Jadi, aku harap persiapan yang teman-teman lakukan bisa lebih matang ngono lho. 

Yakinlah, tantangan akademik dan bahasa hanyalah sebagian sangat kecil ujian yang harus kalian hadapi di negeri orang. Di balik prestige dan keindahan yang diberikan oleh studi di luar negeri, ada banyak air mata, keringat dan bahkan tetesan darah yang barangkali harus teman-teman berikan saat menempuh studi disana (sounds lebay tapi bener lho 😌). 

Kalau tidak dipersiapkan dengan matang, bisa jadi mimpi kalian untuk mengembangkan diri akan berujung pada kebalikannya. Satu hal yang aku yakini, segala hal di dunia ini hanyalah pedang bermata dua. Dibalik keindahan, pasti ada penderitaan dan perjuangan. 

Maka biasakanlah untuk melihat sesuatu secara seimbang. Ketahui dulu konsekuensi terburuk dari setiap pilihan yang tersedia, persiapkan cara terbaik untuk menghadapi konsekuensi itu sebelum benar-benar memilih, lalu ambillah pilihanmu secara bijak dan bertanggung jawab ngono lho. Termasuk dalam urusan memilih melanjutkan studi di luar negeri.


Salam kenal dan semangat memperjuangkan beasiswa,

Your scholarship and mental health buddy,

Gandes Nawangsari ^^

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts