IELTS vs TOEFL? Baca ini biar Ngga Bingung Pilih yang Mana

Juli 11, 2023

 IELTS vs TOEFL

 1. Persamaan IELTS dan TOEFL

Kalau bicara soal English proficiency test di kalangan pemburu beasiswa, terutama beasiswa luar negeri, pasti sudah tidak asing dengan istilah IELTS Academic dan TOEFL iBT. Tapi masih banyak juga yang galau menentukan mau pilih yang mana. Sebelum melakukan perbandingan, coba kita lihat dulu persamaan keduanya. IELTS dan TOEFL adalah tes terstandar yang diakui secara internasional untuk memprediksi kecakapan bahasa Inggris seseorang ketika berada di dunia akademik. 

Sertifikat mereka sama-sama berlaku selama 2 tahun. Keduanya juga menguji aspek yang sama, yaitu listening, reading, speaking dan writing. Tingkat kesulitannya juga bisa dibilang 11:12. Sama-sama membutuhkan persiapan yang matang juga.

Baca juga: Tips Persiapan IELTS untuk Berburu Beasiswa

2. Perbedaan IELTS Academic dan TOEFL iBT

Meskipun memiliki beberapa persamaan, terdapat beberapa hal yang membedakan kedua tes tersebut. Nah, perbedaan-perbedaan inilah yang akan menentukan apakah kamu akan lebih mudah dan cocok mengambil IELTS atau TOEFL. Langsung disimak perbedaannya aja ya.

a. Negara yang menerima

TOEFL diterima oleh 130 negara di dunia. List negara yang menerima bisa dilihat disini. Sementara IELTS, diakui dan diterima oleh 140 negara. Listnya bisa dilihat disini, di bagian paling bawah. Jadi, kalau sekedar dilihat dari jumlah negaranya, IELTS jelas lebih unggul. Tapi bukan hanya itu yang harus dipertimbangkan.

b. Gaya bahasa

IELTS menggunakan British atau Australian English. Sementara TOEFL menggunakan American English. Nah, kamu bisa pertimbangkan juga soal ini. Kamu lebih mudah memahami British/Australian English atau American English? Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kemudahanmu, utamanya di bagian tes listening.

c. Bentuk tes

Seluruh soal listening dan reading di TOEFL berbentuk pilihan ganda. Sementara di IELTS lebih beragam seperti pilihan ganda, menjodohkan, melengkapi kalimat, dan sebagainya. Jadi, kalau kamu mencari tes yang lebih memungkinkan untuk melakukan cap-cip-cup dan mengandalkan keberuntungan, mungkin TOEFL lebih cocok buat kamu. 

Selain itu, IELTS bisa dilakukan dengan metode paper-based. Jadi, pada sesi speaking, kamu akan berhadapan langsung dengan penguji. Sementara TOEFL dilakukan dengan computer-based. Kamu akan "ngobrol" dengan komputer.

d. Durasi dan Istirahat

Total durasi murni untuk pelaksanaan tes di IELTS adalah sekitar 2 jam 45 menit. Kenapa aku menekankan kata murni? Karena bisa saja kamu dapat jadwal speaking di hari yang berbeda dari jadwal ketiga subtesmu yang lain. Sedangkan kalau di TOEFL, durasinya 4 jam dan semua tes sudah pasti langsung diadakan dalam satu hari. Untuk jeda istirahat, TOEFL memberi kesempatan 10 menit di setiap subtes. Sementara IELTS tidak (kecuali untuk speaking).

e. Penyedia tes

Pastikan kamu tidak melakukan tes di sembarang tempat ya. Karena tidak semua lembaga diakui secara internasional. Kamu bisa tes IELTS di British Council atau IDP. Kalau untuk TOEFL, kamu bisa booking jadwal di ETS.


Nah, sudah selesai. Itu tadi beberapa perbandingan IELTS dan TOEFL yang mungkin bisa kamu pertimbangkan baik-baik sebelum memilih. Gimana? Mau pilih yang mana? Kalau masih bingung, boleh banget diskusi di kolom komentar ya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts